Menggali Potensi Energi Positif Dari Hacker

Hacker yang kita kenal selama ini adalah sebutan bagi seseorang yang membajak sebuah situs atau akun milik orang lain. tercatat sebagai tindakan kriminal dan akan dijatuhi hukuman bagi siapa saja yang melakukannya.

Menurut pasal 46-50 undang-undang ITE (Informasi dan transaksi elektronik) dan undang undang pasal 27-33 yang membahas tentang sanksi kriminal yang dijatuhkan kepada para peretas (hacker). Bahwa seorang peretas sebuah sistem akan dikenahi sanksi minimal 6 tahun penjara ( sesuai kriminalitas yang diperbuatnya). beberapa kejadian peretas yang dikenahi sanksi juga pernah terjadi di Indonesia. Sebut saja Wildan (seorang peretas situs www.presidensby.info) yang sempat menghebohkan warga indonesia, Januari 2013 lalu. Harus berurusan dengan pihak kepolisian, atau seorang hacker yang pernah juga meretas situs polisi suatu daerah juga sempat membuat polisi panik. 

Wildan yang hanya lulusan SMK dan menjadi penjaga warnet harus mendapatkan kritik soaial bahkan terdesain menjadi Public Enemy karna telah berani mempermalukan depkominfo dengan meretas situs orang nomor satu di Indonesia. Dan menjadi pembicaraan dimana-mana, citra keluarganya menjadi kurang baik dihadapan publik. Padahal coba kita telisik apa yang telah dilakukan Wildan dengan situs www.presidensby.info. Yah, dia hanya sekedar membajak halaman beranda (HomePage) situs tersebut dan tidak merusak apapun didalamnya apalagi mengumbar data rahasia dari situs milik Pak Beye tersebut. Wildan pun tak menyangka perbuatan iseng yang ia

perbuat (tanpa kriminalitas yang direncanakan). Harus dibayar mahal dengan tudingan dan harus berurusan dengan pihak yang berwajib.

Pemerintah tak harus mengumbar dengan berlebih, coba saja pemerintah tak berlebihan mengumbar dan malah merekrut Wildan, karna menurut saya Wildan tak harus di berikan sanksi malah harusnya hanya diberikan arahan saja, Coba saja pemerintah lebih serius memajukan era digital (Dunia Maya) bahwa media informasi seperti internet sekarang sangat berpengaruh terhadap suatu negara. Sebut saja pada saat perang Israel-Palestina, Israel tidak hanya mendapat serangan langsung berupa tubi-tubian peluru dari pihak lain karna telah menyerang palestina, tapi tercatat puluhan situs-situs penting yang menjadi tonggak bangsa Isrel telah dikebiri oleh kelakuan hacker yang mengecam perlakuan tentara Israel terhadap Palestina. Atau coba Pemerintah menelisik kembali serangan atas situs Wikileaks.org yang mempublikasikan arsip rahasia Amerika yang memuat data tentang beberapa taktik Amerika melakukan Konspirasi terhadap negara lain.
Saatnya negara merekrut setiap anak bangsa yang punya potensi segala ruang untuk memajukan bangsa, Bukannya menutup ruang ruang.

Oleh : ILHAM AGUNG NURSENJA @Bulletin Terkepal

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menggali Potensi Energi Positif Dari Hacker"

Mari Menjalin komunikasi dengan berkomentar, tapi yang sopan ya... :D

 
Copyright © 2010 Ilham Online - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia