Lebaran Di Tobadak

Apa kabar kawan netter? Mudah-mudahan pada baik semua ya? Amin.. pada suasana lebaran ini admin ilhamweb.com mau ucapin selamat hari kemenangan buat sahabat yang merayakan hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin ya sob,hehe mohon maaf kalau ada salah ketik atau ada balasan komentar atau isi konten di ilhamweb.com yang kurang ngeh buat sahabat sekalian,hehe

Gimana lebarannya sob? Udah berapa kue kering yang kamu sikat dirumah orang? Udah berapa jus, kopi, teh, atau semacamnya yang kamu teguk? Atau ada berapa duit yang kamu habisin buat beli perlengkapan lebaran? Atau ada berapa temen kamu yang kamu janjiin kerumahnya tapi kamu gak tepatin?? Silahkan dijawab.. ?

Kali ini saya mau berbagi cerita tentang kebiasaan-kebiasaan yang saya liat dan rasakan didaerah saya, tepatnya di Tobadak, Mamuju, Sulawesi Barat. Yah sekedar ngenalin pada kalian seperti apa disini atau gak nambahin coretan saya di blog ini,, hehe

Saat shalat Id
Kalau saat-saat seperti ini yang paling mencolok adalah kaum Hawa/Ibu/Cewek, coba aja tengok pakaian muslimah modis yang ia pakai, make up full body and pastinya tempat wudhu akan sepi dikunjungi kaum hawa, tapi banyak juga kaum hawa yang bikin gue deg-degan ngeliat cantik alamiah yang tubuhnya dibalut ruku (sebutan disini untuk pakaian shalat untuk cewek) turun dari motor bebek atau matic, apalagi yang itu (#sambil nunjuk cewek yang bodinya semampai).

Bukannya saya punya otak kotor, tapi saya hanya manusia biasa yang cinta lingkungan #Plakk. Tapi buat kaum adam keliatan biasa-biasa aja,palingan juga anak-anak kecil yang keliatan mencolok karna udah pakai baju barunya saat Shalat Id. Dan coba terka apa yang akan sama dihadapi saat shalat id dari tahun ke tahun? Benar, hasil dari kotak amal pasti lebih banyak dari kaum adam ketimbang kaum hawa. Hahaha

Hari pertama (Setelah shalat Id)
Kalau moment yang ini tak akan terlewatkan ngumpul bersama seluruh keluarga. Kalau saya pribadi bakalan ngumpul dirumahnya mbah, yang lain pada manggil mbah haji tapi saya sendiri lebih enak manggil mbah doang (kata mbah dan doang terpisah...hehehe). setelahnya itu pasti kepemakaman, sama halnya dengan orang-orang disini pada umumnya.

Bukannya saya punya otak kotor, tapi saya hanya manusia biasa yang cinta lingkungan #Plakk. Tapi buat kaum adam keliatan biasa-biasa aja,palingan juga anak-anak kecil yang keliatan mencolok karna udah pakai baju barunya saat Shalat Id. Dan coba terka apa yang akan sama dihadapi saat shalat id dari tahun ke tahun? Benar, hasil dari kotak amal pasti lebih banyak dari kaum adam ketimbang kaum hawa. Hahaha

Hari pertama (Setelah shalat Id)
Kalau moment yang ini tak akan terlewatkan ngumpul bersama seluruh keluarga. Kalau saya pribadi bakalan ngumpul dirumahnya mbah, yang lain pada manggil mbah haji tapi saya sendiri lebih enak manggil mbah doang (kata mbah dan doang terpisah...hehehe). setelahnya itu pasti kepemakaman, sama halnya dengan orang-orang disini pada umumnya.

Setelah lama berkumpul sama keluarga setelahnya biasanya nyari kue di rumah tetangga,, hehehe kalau saya biasanya langsung kerumah tetangga yang paling special. Siapa dia? Dia adalah tetangga yang selalu menyediakan kacang ajaib yang gue sikat paling sedikit setengah toples. Kacang tanah yang dibungkus dengan tepung, ini yang selalu gue buru kalau setelah pulng dari pemakaman. Hehe

Walaupun tahun ini gue agak kecewa juga karna beliau gak nyediain kacang ajaib itu, padahal tahun lalu dia udah gue maapin karna yang dia sediakan tepung yang membalut kacang tanah yang terlalu matang alias gosong...ckckck akhirnya gue lebih banyak habisin kue kuping gajah buatannya.

Kalau ngomong soal silaturahmi disini agak miris juga sih menurut saya, karna kaum muda kayaknya udah ogah-ogahan buat melestarikan ini, terutama bersilaturahmi ketetengga-tetangga deket rumah. Dari tahun ke tahun rasanya udah mulai berkurang nilai silaturahmi ini, jangankan kaum muda, anak-anak kecil aja udah mulai ogah berkeliling kerumah-rumah.

Permen ditoples aja udah kurang yang minat...ckckck yah, mau gimana lagi, mungkin udah tuntutan jaman yang makin lama makin modern, orang udah bisa bermaap-maapan pake� henpon gak kayak dulu harus kerumahnya dulu baru bisa berhubungan. Bisa-bisa Indonesia jadi Negara kayak di amrik yang katanya masyarakatnya individualis #Hallah.

Hari kedua (2 Syawal)
Kali kedua kebiasaan orang di tobadak nyari tempat piknik/rekreasi/refreshing. Kalau disini yang paling sering di omongin atau di jadikan tujuan yaitu Tumbu alias Batu Mianak (BTM) dan kambunong. Dua tempat ini yang menjadi pilihan orang-orang piknik. Dari yang anak-anak sampai ABG, tua dan muda ada disana,, hehehe. Kalau dulu masih mengenal tempat berbeda lagi namanya kampaja� (air terjun) tapi kayaknya udah mulai kurang diminati lagi

Bersambung ke Bagian 2
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Lebaran Di Tobadak"

wah..sipa dah..ane ga lebaran loh..ane hindu kang..tapi tetep ngucap minal aidzin walfaidzin ya kang..

Yap, mhon maaf lhr btin juga kang, slamat hari raya galungan ya kang? :-)

Mari Menjalin komunikasi dengan berkomentar, tapi yang sopan ya... :D

 
Copyright © 2010 Ilham Online - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia