Tobadak adalah Indonesia mini



Tobadak adalah sebuah kecamatan di Mamuju Sulawesi barat. Daerah pedesaan yang menarik untuk dikunjungi walaupun gak ada tempat wisata yang resmi disini tetapi kalau kalian menghubungi saya kalian akan saya bawa keliling ke tempat yang menurut saya indah,, hehehe

Seperti yang gue sebutin dijudul kalau di sini adalah Indonesia mini. Karna di Tobadak-lah kalian menemui berbagai jenis dan macam suku-suku di Indonesia. Sebenarnya kata “Indonesia Mini” gue dapat dengar dari sambutan Pak Anthon yang mewakili Kepala Sekolah sebagai Ketua Dewan Pembina IKA SMANSA TOBADAK(untuk organisasi ini gue akan certain di lain Postingan... hehe) pada saat Mubes II organisasi ini.

Gue bakal Peta-petakan sesuai pengetahuan gue soal Tobadak, siapa tau aja kalian mau kesini, jadi gue bisa gambarin sedikit keadaan Tobadak,,hehehe. Tapi sebisanya aja ya, hehe

Yang pertama adalah Desa Tobadak 1. Di Tobadak satu yang gue tau yang berdomisili di Tobadak 1 ini kebanyakan penduduk asli. Yang gue tau terbagi atas 3 wilayah yaitu : Tobadak Kampung, Tobadak 1 Dan Batu Sitanduk.

Untuk asal usulnya gue juga tidak ngerti, tapi Tobadak kampung kebanyakan di huni oleh penduduk Asli (orang Mamuju). Sedangkan Tobadak 1 itu terdiri dari 4 (Lorong) yang gue sendiri gak hapal nama jalannya,, hehehe, Penduduknya campuran, mulai dari mamuju, Bugis, Jawa, Bali, Dll. Sedangkan untuk Batu sitanduk sendiri kebanyakan adalah Suku Bugis. Kebayang gak gimana beragam suku disini. Jadi jangan heran kalau disini masyarakat berbicara bahasa Indonesia.

Yang Kedua Tobadak 2. Disini agak gampang gue certain karna disinilah gue tinggal,hehehe. Tobadak 2 terdiri atas 6 Lorong. Tapi tiap lorong bisa di petakan Suku yang menempatinya. Misalnya Lorong Satu yang campuran, ada orang Jawa, Madura, Takalar, dan Sebagian suku Bugis. Kalau Lorong 2 kebanyakan masyarakat bugis Dan Jawa. Kalau Lorong 3 itu kebanyakan Orang Bali. Sedangkan Lorong 4 Orang Mamasa Dan Toraja yang Berdomisili disana. Lorong 5 dan 6 itu nyampur abis,, Semua ada disana,,, hehehe


kalau foto ini numpang eksis doang, saat LDK di SMA tanggal 18 juli 2012


Ketiga yaitu Tobadak 3. Kalau wilayah yang satu ini yang gak ada ditempat yang gue certain di atas yaitu orang NTB dan NTT. Terdiri atas 6 Lorong.Sebenarnya Tiap Lorong ada nama jalannya Tetapi orang sini lebih akrab menyebutnya lorong,, hehe

Kalau soal sejarah terbentuknya desa Tobadak ini gue juga gak tau pasti, karna ada beberapa referensi yang malah bertolak belakang. Entahlah, apakah Di Desa Tobadak ini benar-benar punya peninggalan sejarah atau ada peradaban sebelum Masyarakat disina datang dari berbagai penjuru tanah air. Karna sampai sekarang masih terdengar soal cerita-cerita orang Topembuni (orang yang bersembunyi)

Atau disebut-sebut orang pribumi atau penduduk asli Tobadak yang sekarang lagi bermukim atau lebih tepat disebut sembunyi dihutan-hutan sekitaran Tobadak. Untuk menjauhi keramaian. Dan juga adanya Bahasa tersendiri (Bahasa Tobadak) meskipun gue gak pernah dengar secara langsung, tetapi orang-orang tua penduduk sini juga banyak yang memakai bahasa Tobadak.

Tetapi soal tempat atau nama jalan ditobadak gak ada yang mencerminkan atau membuktikan bahwa ada peradaban dimasa lampau Di Tobadak. Lain kali kita lanjut Ke Season yang lain tentang Tobadak Ya? Yang lain Tentang Tobadak 4, Tobadak 5 sampai tobadak 8 dan arti-arti nama tempatnya... Wassalam....
Share this article :
+
Previous
Next Post »
9 Komentar untuk "Tobadak adalah Indonesia mini"

jiah tu poto ke-2 ada penampakkan, wk *kidding*
tapi masih alami bangat yah, ada kabut-kabutnya

jelas bangat ni postingan, sampai-sampai lorong-lorongnya disebutin, wk
nice post kang, mantab

itu foto ketiga ada cewek, ciah ane mau mendaftar, wk

Wah.. Sama dngn tempat ane brarti.. Tpi di dominasi bali sih.. Ane sulawesi tenggara kang, deket yah.. Hihi

kemarin sempat mampir N protes,, ko' gambarnya kecil,skrg mampir lg gambarnya sdh gede'.. tp comment sy yg kemarin g nongol.. wah templatenya keren dpt ilmu baru..

@kang wawan : hehehe ini potonya afgan lagi nyantai kang,, bhaaha, klw poto ketiga emg banyak cwek, nnti ane knlin,hehehe

@gede ardi: iyah deket tuh kang, jalan2 dimari kang,,

@agus : lagi belajar ngedit kang,, tpi msh katrok banget,, hehehe

kapan2 sy jg posting tentang tempat tinggal sy ah,,,,

Pengen mampir Mas. Tapi jauh... Hehehe

Deket kok kang, sama2 diindonesia,hehe

Iye kang, trus kita bandingin mana yg lbh bgus,hehe

Salam bro ilham...sy rencana mau jalan2 ke tobadak..ada no.tlp ? spaya bisa nnti contact2 klo sudah ditobadak. Andi (Mks)

Mari Menjalin komunikasi dengan berkomentar, tapi yang sopan ya... :D

 
Copyright © 2010 Ilham Online - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia